Rabu, 04 Juli 2012

Salah Satu Cara Mewujudkan Masyarakat Informasi Kota Pariaman

Salah satu cara agar dapat mewujudkan masyarakat Informasi di Kota Pariaman adalah dengan menyediakan layanan M-CAP (MOBILE COMMUNITY ACCESS POINT ) yang lebih sering dikenal dengan sebutan mobil internet keliling. M-CAP sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mencari informasi secara mudah, terutama bagi masyarakat Kota Pariaman yang berada di wilayah pedesaan dan belum mengetahui akses informasi melalui internet. Di Kota Pariaman sudah tersedia 1 (satu) M-CAP jenis ISUZU yang berada di Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika Kota Pariaman, yang mulai beroperasi pada tahun 2010.














Fasilitas yang tersedia di layanan M-CAP seperti Computer, Jaringan Internet/Modem, Printer, LCD TV, VCD/DVD dan AC.

Jam operasional layanan M-CAP yang ada di Kota Pariaman dimulai dari jam 08.00 s/d 13.00 WIB.

Layanan M-CAP di Kota Pariaman dahulu sudah mulai diperkenalkan di pedesaan seperti desa Taratak, masyarakat disana sangat antusias dan menerima dengan baik kedatangan layanan M-CAP, di desa Taratak layanan M-CAP dikenalkan kepada Pemuda-pemuda desa, dengan memperkenalkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Dan dalam dunia Pendidikan pada tahun 2010/2011 M-CAP dikenalkan pada tingkat SMP/SMA yang ada di Kota Pariaman, di sana mereka dapat browsing melalui internet dan dapat memperluas pengetahuan serta wawasan mereka terhadap TIK.
dan pada tahun 2011/2012 layanan M-CAP mulai dikenalkan pada tingkat SD, mereka diberi pengetahuan tentang perangkat–parangkat komputer, seperti Perangkat Lunak (software) dan Perangkat Keras (Hardware), lalu mereka di ajarkan cara mengetik dengan baik dan benar.

Dan disamping itu semua, pada saat layanan M-CAP yang ada di Kota Pariaman beroperasi, layanan M-CAP juga melakukan sosialisasi mengenai gempa bumi dan tsunami melalui tayangan di LCD TV yang ada di M-CAP.

Adanya layanan M-CAP digunakan dalam rangka mencerdaskan bangsa dan generasi kedepannya, serta mengurangi kemiskinan yang ada di Kota Pariaman, dan yang terutama dapat menumbuhkan masyarakat informasi yang kreatif dan kompeten di Kota Pariaman.



2 komentar: